Penerapan Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Website Spectrum Fitness Purwakarta

Isi Artikel Utama

Sitti Azzahra
Setiawan Hadi
Juli Rejito

Abstrak

Spectrum Fitness merupakan tempat olahraga di Purwakarta yang menyediakan fasilitas cukup
lengkap seperti Fitness, Zumba, Yoga dan lainnya. Proses pengelolaan jasa fitness pada
Spectrum Fitness terkadang sering terjadi kesalahan dalam pendataan. Untuk mengatasi
masalah tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan dengan dibuatnya rancangan User
Interface dan User Experience sistem informasi berbasis website. Pengembangan desain
UI/UX dari Website Spectrum Fitness menggunakan metode Design Thinking. Design
Thinking yang akan dikembangkan untuk penelitian dengan v tahapan, yang dimulai dari
Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test yang dilanjut dengan tahap Usability
menggunakan metode Cognitive Walkthrough dan User Experience Questionnaire (UEQ).
Berdasarkan hasil pengolahan dari pengujian Usability Testing memperoleh nilai evaluasi
positif pada aspek Daya Tarik (mean 2,17), Kejelasan (mean 2,35), Efisiensi (mean 2,13),
Ketepatan (mean 2,28), Stimulasi (mean 2,19), dan Kebaruan (mean 1,66). Tampilan Website
Spectrum Fitness yang dioperasikan dalam bentuk. Prototype, sehingga dapat dikembangkan
lagi dengan membuat tampilan menjadi responsive dalam segala ukuran device dan fungsi
sistem dapat berjalan dengan baik

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

[1] B. Ertanto, “Spectrum Purwakarta,” GYMFITNESSINDO, 2021. https://gymfitnessindo.com/spectrumpurwakarta (accessed Jan. 20, 2022).
[2] A. A. Delextrat, S. Warner, S. Graham, and E. Neupert, “An 8-week exercise intervention based on
Zumba improves aerobic fitness and psychological well-being in healthy women,” J. Phys. Act. Heal.,
vol. 13, no. 2, pp. 131–139, 2016, doi: 10.1123/jpah.2014-0535.
[3] P. Deacon, UX and UI Strategy: A step by step Guide on UX and UI design, Kindle Edi. 2020.
[4] L. Michael, L. Patrick, and L. Larry, The Design Thinking Toolbox. Canada: John Wiley & Sons, Inc,
2020.
[5] J. Rubin and D. Chisnell, “Handbook of usability testing: how to plan, design, and conduct effective
tests.” Wiley Publishing, Inc., 2008.
[6] L. O. Bligård and A. L. Osvalder, “Enhanced cognitive walkthrough: Development of the cognitive
walkthrough method to better predict, identify, and present usability problems,” Adv. Human-Computer
Interact., vol. 2013, 2013, doi: 10.1155/2013/931698.
[7] M. Schrepp, User Experience Questionnaire Handbook Version 8, no. September 2015. 2019.
[8] J. Preece, Y. Rogers, and H. Sharp, Interaction Design: beyond human-computer interaction, 5th ed.
John Wiley & Sons, Inc, 2019.
[9] E. Geisen and J. Bergstrom, Usability Testing-Survey Research. Cambridge, United States: Morgan
Kaufmann Publishers, 2017.
[10] Satzinger, Jackson, and Burd, System Analysis and Design in A Changing World, 6th ed. Boston, USA:
Joe Sabatino, 2012.
[11] U. Sekaran and R. Bougie, Research Methods for Business, 7th ed. Chichester, United Kingdom: Wiley
Publishing, Inc., 2016.
[12] B. Shneiderman, C. Plaisant, M. Cohen, and S. Jacobs, Designing the User Interface, Sixth. Pearson
Education Limited, 2016.