Media Pembelajaran Interaktif Fabrikasi PCB Berbasis Augmented Reality

Isi Artikel Utama

Fhadel Wedi Pratama
Fitri Nova Nova
Deddy Prayama
Taufik Gusman

Abstrak

Augmented Reality (AR), adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunianyata dengan dimensi dunia maya yang di tampilkan secara realtime. Hal ini dilakukan dengan cara menampilkan objek 3D pada marker yang sudah di tentukan, adalah sebuah pola khusus yang bersifat unik dan dapat dikenali oleh aplikasi. Smartphone memungkinkan pengembangan aplikasi Augmented Reality dengan murah serta dapat diakses oleh banyak pengguna. Augmented Reality dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang salah satunya adalah media pembelajaran untuk mempelajari cara melakukan fabrikasi manual PCB, sehingga dapat digunakan sebagai media pemblajaran baru yang interaktif dan diharapkan dapat memacu minat dari kalangan banyak untuk belajar dengan memanfaatkan semartphone yang dipadukan dengan Augmented Reality, selain karena teknologi yang berkembang terus saat ini dengan banyak fitur-fitur baru di dalamnya, maka metode pembelajaran juga harus berkembang seiring dengan majunya perkembangan teknologi saat ini. Dalam hasil penelitian yang telah di lakukan bahwa hasil dari penerapan Augmented Reality AR) telah berhasil di implementasikan pada smartphone berbasis Android dengan menerapkan langkah kerja fabrikasi manual PCB yang ditampilkan ketika smartphone dengan sistem operasi Android  mentrigger target marker yang telah dibuat

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

P. Haryani and J. Triyono, “AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI TEKNOLOGI INTERAKTIF DALAM PENGENALAN BENDA CAGAR BUDAYA KEPADA MASYARAKAT,” J. SIMETRIS, vol. 8, 2017.
S. Rayhan, H. Amnur, and T. Gusman, “3D Virtual Tour Rumah Gadang Istana Pagaruyuang Menggunakan Unreal Engine 4 Berbasis Desktop”, jitsi, vol. 2, no. 2, pp. 32 - 41, Jun. 2021.
I. Bagus and M. Mahendra, “Implementasi Augmented Reality ( Ar ) Menggunakan Unity 3D Dan Vuporia Sdk,” J. Ilm. ILMU Komput. Univ. Udayana, vol. 9, no. 1, pp. 1–5, 2016.
Anggi Hermawan, Aris Sunawar, and Nur Hanifah Y, “Rancang Bangun Pembuat Layout PCB Otomatis Berbasis Android,” J. Electr. Vocat. Educ. Technol., vol. 5, no. 2, 2020, doi: 10.21009/jevet.0052.02.
D. Priyanto, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer,” vol. 14, no. 1, pp. 1–13, 2009.
P. S. Maria and E. Susianti, “Analisis Karakteristik Elektrik Bentuk Geometri Jalur PCB Menggunakan Pendekatan Finite Element,” J. Tek. Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 11–17, 2018, doi: 10.15294/jte.v10i1.13826.
S. R. Adi Widarma*1, “JurTI-Adi Widarma,” PERANCANGAN APLIKASI GAJI KARYAWAN PADA PT. PP LONDON SUMATRA INDONESIA Tbk. GUNUNG MALAYU ESTATE - KABUPATEN ASAHAN. p. 10, 2017.
K. Pinontoan, M. Walean, and A. Lengkong, “Pembelajaran Daring Menggunakan E-Modul pada Flipped Classroom Statistika untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar dan Intensi Berwirausaha,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 8, no. 1, pp. 1–10, 2021, doi: 10.17977/um031v8i12021p001.
M. Fadya and I. P. Sari, “Modelling 3D dan Animating Karakter pada Game Edukasi ‘World War D’ Berbasis Android,” Multinetics, vol. 4, no. 2, pp. 43–48, 2018, doi: 10.32722/multinetics.vol4.no.2.2018.pp.43-48.
J. Rori, S. R. Sentinuwo, and S. Karouw, “Perancangan Aplikasi Panduan Belajar Pengenalan Ortodonsia Menggunakan Animasi 3D,” J. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 3–7, 2016, doi: 10.35793/jti.8.1.2016.12299.
A. Nugroho and B. A. Pramono, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang,” J. Transform., vol. 14, no. 2, p. 86, 2017, doi: 10.26623/transformatika.v14i2.442.
N. A. Ramdhan and D. A. Nufriana, “Rancang Bangun Dan Implementasi Sistem Informasi Skripsi Oline Berbasis WEB,” J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 1, no. 02, pp. 1–12, 2019, doi: 10.46772/intech.v1i02.75.
S. Santoso and R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),” J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017