Teknologi Virtual Reality pada Media Pembelajaran Proses Pemasangan Kabel UTP Cross dan Straight
Isi Artikel Utama
Abstrak
Virtual Reality adalah salah satu teknologi rekayasa yang bertujuan untuk menciptakan simulasi yang mirip dengan kenyataan. Virtual Rality banyak digunakan untuk keperluan pengembangan game dan pendidikan. Dalam bidang pendidikan, Virtual Reality biasanya digunakan sebagai alternatif sumber pembelajaran suatu materi. Seperti tiruan saluran pencernaan, maka siswa bisa membelajari seluk-beluk dari materi yang dipelajari dengan mudah. Aplikasi proses pemasangan kabel UTP cross dan straight bertujuan untuk mempermudah pembelajaran mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi yang masih melaksanakan perkuliahan daring dan digunakan untuk mempermudah mahasiswa dalam memahami cara pembuatan kabel Local Area Network straight dan cross. Pembuatan aplikasi ini menggunakan aplikasi Unity3D yaitu aplikasi yang digunakan untuk membuat aplikasi atau game berbasis virtual reality dan augmented reality. Untuk pembuatan model-model yang akan digunakan, dibuat menggunakan aplikasi blender. Aplikasi Virtual Reality ini akan dijalankan di google carboard menggunakan smartphone android
Rincian Artikel
Referensi
[2] H. A. Musril, J. Jasmienti, and M. Hurrahman, “IMPLEMENTASI TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, p. 83, Apr. 2020, doi: 10.23887/janapati.v9i1.23215.
[3] C. nurhadi panindias, asmoro; yasuki rahmad, “Virtual Reality 360 Dalam Pengenalan Studio Seni.pdf.” Macmillan, p. 295, 2019, [Online]. Available: http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/4030.
[4] W. Oktaviani and K. Nugroho, “Pengukuran Unjuk Kerja Jaringan Pada Penggunaan Kabel UTP dan STP,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016, p. 31, 2016.
[5] S. Rayhan, H. Amnur, and T. Gusman, “3D Virtual Tour Rumah Gadang Istana Pagaruyuang Menggunakan Unreal Engine 4 Berbasis Desktop,” vol. 2, no. 2, pp. 32–41, 2021.
[6] Admin, “Modul Tutorial Pelatihan Administrator TIK (Membuat Kabel UTP Straight dan Cross).”
[7] Febykurniansyah18, “Sejarah, Pengertian dan Kegunaan dari Aplikasi Blender 3D,” Cyberpreneurship_Desain Grafis, 2015. https://dsbunny.wordpress.com/2015/05/26/sejarah-pengertian-dan-kegunaan-dari-aplikasi-blender-3d/.
[8] Admin, “Mengenal Blender Aplikasi Pembuat Animasi,” 2021, [Online]. Available: https://www.materikuliah.my.id/2021/04/mengenal-blender-aplikasi-pembuat.html.