Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran pada Pengenalan Komponen Dasar Elektronika Berbasis Android

Isi Artikel Utama

Suci Ramadhani
Ervan Asri
Taufik Gusman

Abstrak

Proses pembelajaran ataupun kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan elektronika  seringkali  dihadapkan  dengan  berbagai  macam  simbol  komponen elektronika, dimana terkadang sulit membedakan dan mengetahui simbol simbol, bentuk fisik, serta fungsi dari komponen-komponen elektronika tersebut. Apalagi pada saat ini proses kegiatan belajar dilakukan secara online. Sehingga mahasiswa kurang   memahami   materi   yang   diajarkan.   Untuk   itu,   perlu   dibuat   media pembelajaran dengan menggunakan teknologi augmented reality agar memudahkan mahasiswa belajar mengenai komponen – komponen elektronika dasar. Sistem dibangun menggunakan platform android yang menampilkan model 3D dengan menggunakan marker berupa gambar 2D dan menyajikan antarmuka dan pengolah gambar 3D komponen dasar elektronika menggunakan Software Unity 3D. Baris pemrograman  yang  dipakai  berupa C#,  Engine  pengolah teknologi  augmented reality yang digunakan pada aplikasi ini adalah Vuforia yang merupakan package tambahan pada Software Unity 3D

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

[1] N. Kurniawan, “Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Pneumatik Di Smk,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 14, no. 2, pp. 136–144, 2017, doi: 10.23887/jptk- undiksha.v14i2.10443.
[2] H. Dafitri, A. Budiman, and F. Nadhila, “Peranan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran,” J. Sist. Inf., vol. 04, no. 02, pp. 1–10, 2020.
[3] C. A. Oktavia, R. F. Setiawan, and A. Christianto, “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Ruangan Menggunakan Marker 3D Objects Tracking,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 13, no. 1, p. 53, 2019, doi:10.32815/jitika.v13i1.332.
[4] N. H. Widayaningsih and H. Handriyotopo, “Perancangan Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Promosi Taman Sriwedari Surakarta,” CITRAWIRA J. Advert. Vis. Commun., vol. 1, no. 2, pp.1–22, 2021, doi: 10.33153/citrawira.v1i2.3298.
[5] A. Net, “Illustrator Illustrator Illustrator CS6 Mengenal dasar-dasar Adobe Illustrator Cs6 from Siti Eka Kurniyati | 88comp.”
[6] A. Harahap, A. Sucipto, and J. Jupriyadi, “Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android,” J. Ilm. Infrastruktur Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 20–25, 2020, doi: 10.33365/jiiti.v1i1.266.
[7] D. Rofifah, “済無No Title No Title No Title,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., pp. 12–26, 2020.
[8] R. M. Faisal and E. Kurniawan, “Seri Belajar Windows Forms : Membangun Aplikasi Desktop berbasis . NET,” no. March, 2020.
[9] T. Haryanto, H. Anra, and H. S. Pratiwi, “Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Materi Pembelahan Sel dalam Mata Pelajaran Biologi,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 164–168, 2017.
[10] S. Rayhan, H. Amnur, and T. Gusman, “3D Virtual Tour Rumah Gadang Istana Pagaruyuang Menggunakan Unreal Engine 4 Berbasis Desktop”, jitsi, vol. 2, no. 2, pp. 32 - 41, Jun. 2021.
[11] A. Z. Prabowo, K. I. Satoto, and K. T. Martono, “Perancangan dan Implementasi Augmented Reality sebagai Media Promosi Penjualan Perumahan,” J. Teknol. Dan Sist. Komput., vol. 3, no. 1, pp. 161–170, 2015, doi: 10.14710/jtsiskom.3.1.2015.161-170.