3D Virtual Tour Rumah Gadang Istana Pagaruyuang Menggunakan Unreal Engine 4 Berbasis Desktop

Isi Artikel Utama

Sean Rayhan
Hidra Amnur
Taufik Gusman

Abstrak

3D Virtual Tour Rumah Gadang Istana Pagaruyung merupakan aplikasi virtual tour berbasis  desktop  yang  bertujuan  untuk  mengedukasi  dan  memudahkan  masyarakat dalam mengenal  Rumah Gadang Istana Pagaruyung, selain itu pengguna juga dapat menjelajahi,   menikmati   keindahan   arsitektur   dan   memperoleh   informasi   yang bermanfaat di bagian-bagian tertentu secara interaktif kemanapun selagi dalam ruang lingkup Rumah Gadang Istana Pagaruyung. Aplikasi ini dibangung menggunakan game engine Unreal Engine 4 dan beberapa software pendukung seperti Blender, Materialize dll. Metode penelitiannya adalah penelitian kualitatif dimana strategis yang digunakan adalah Design dan Creation. Penelitian ini  menggunakan metode pengumpulan data observasi melalui media-media yang ada di internet. Informasi yang disajikan sebatas pengetahuan umum. Pengujian akan dilakukan dengan menggunakan PC atau Laptop. Aplikasi dapat berjalan pada desktop yang mempunyai memori VRAM minimal 1GB, total memori VGA 2GB, RAM 2GB dan prosesor minimal Intel Core Duo

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

[1] A. Fatah Sofyan and A. Purwanto, Digital Multimedia:Animasi, Sound Editing & Video Editing, Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2008.
[2] Nathania, "VIRTUAL TOUR BERBASIS 3D UNTUK PENGENALAN KAMPUS STMIK KHARISMA MAKASSAR," Teknik Informatika, STMIK KHARISMA Makassar, pp. 4-14, 2014.
[3] r. l. afif, k. i. satoso and k. t. martono, "perancangan pc game first person shooter menggunakan unreal development kit," jurnal teknologi dan sistem komputer, p. 2, 2014
[4] [Online]. Available: www.unrealengine.com.
[5] F. Sujali, SISTEM INFORMASI PARIWISATA PADA ISTANA BASA, BATUSANGKAR: JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM, 2018.
[6] [Online]. Available: www.blender.org.
[7] [Online]. Available: id.wikipedia.org.
[8] N. Chkartina and A. Budiman, "Perancangan Konsep Environment Dengan Identitas Kota Bandung Untuk Vieo Game "Overgrown"," e- Proceesing of Art & Design, pp. 1 - 8, 2019.
[9] S. Osman, D. Eh Phon, N. Omar, M. Mohd Rameli, N. Alhassora, & T. Gusman "Using Augmented Reality Application to Reduce Time Completion and Error Rate in PC Assembly," JOIV : International Journal on Informatics Visualization, vol. 4, no. 3, , pp. 166 - 171, Sep. 2020. https://doi.org/10.30630/joiv.4.3.245
[10] K. T. Martono, "jurnal sistem komputer," PENGEMBANGAN GAME DENGAN MENGGUNAKAN GAME ENGINE GAME MAKER, pp.23-30, 2015