Perancangan Ulang UI/UX Website E-Learning UNMUL Menggunakan Metode Design Thinking
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan teknologi menuntut perguruan tinggi memiliki sistem informasi yang mendukung peningkatan mutu akademik. Universitas Mulawarman menerapkan e-learning sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan. Namun, beberapa kendala dirasakan, terutama mahasiswa yang bingung dengan menu dan dosen yang kesulitan mengelola e-learning UNMUL. Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain ulang UI/UX website e-learning UNMUL yang ramah pengguna. Metode yang digunakan adalah Design Thinking, yang berfokus pada pemahaman masalah pengguna dan menerjemahkannya menjadi kebutuhan fitur. Data diperoleh melalui wawancara dan pengujian usability dengan responden dari mahasiswa dan dosen. Hasil menunjukkan desain baru memudahkan kegiatan belajar mengajar dengan tampilan yang segar dan sesuai identitas Universitas Mulawarman. Desain yang dihasilkan terbukti ramah pengguna, dengan hasil usability testing menggunakan Maze sebesar 86 untuk prototipe dosen dan 80 untuk prototipe mahasiswa. Pengujian dengan User Experience Questionnaire juga masuk kategori excellent berdasarkan benchmark UEQ.
Rincian Artikel
Referensi
[2] F. Felix, S. J. Pipin, D. David, and T. Al-Mawaddah, “Perancangan Ulang UI/UX Mika dengan Metode Design Thinking,” Jurnal SIFO Mikroskil, vol. 24, no. 1, pp. 1–8, May 2023, doi: 10.55601/jsm.v24i1.921.
[3] E. C. Shirvanadi, “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” 2021, doi: 10.47467/dawatuna.v4i3.5414.1567.
[4] M. C. Wahyuningtyas, “Perancangan Ulang User Interface ( Ui ) Dan User Experience ( Ux ) Pada Website Tasqif . Com Menggunakan Metode Design Thinking,” 2023.
[5] Ferdianto, “Mengenal Lebih Dalam mengenai User Interface dan User Experience,” Binus. Accessed: Jan. 24, 2024. [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2022/04/26/mengenal-lebih-dalam-mengenai-user-interface-dan-user-experience/
[6] H. M. Kalyani, “Product Branding dengan UI Design.” Accessed: Jan. 27, 2024. [Online]. Available: https://medium.com/learnfazz/product-branding-dengan-ui-design-40d56ce4f4f0
[7] K. KHADIJAH, “Studi Perbandingan Metodologi Ui/Ux (Studi Kasus: Prototype Aplikasi Pdbi Academic Information System),” Knowledge: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan, vol. 2, no. 4, pp. 292–301, Jan. 2023, doi: 10.51878/knowledge.v2i4.1808.
[8] I. K. T. T. Wibowo and I. P. A. E. Pratama, “Evaluasi Dan Rancang Ulang Tampilan Antarmuka Website Menggunakan Metode System Usability Scale Dan Design Thinking (Studi Kasus: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gianyar),” Jurnal Informatika dan Komputer, vol. 271, no. 2, pp. 271–278, 2023, doi: 10.35508/jicon.v11.i2.12654.
[9] B. Priambodo, “Desain Proses - Empathize.” Accessed: Jan. 12, 2024. [Online]. Available: https://medium.com/belajar-desain/desain-proses-1-empathize-a107581d7a10
[10] A. Bhat, “In depth Interviews: Definition and how to conduct them.” Accessed: Jan. 12, 2024. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/325184279_Design_Thinking_for_Life
[11] N. N. Arisa, M. Fahri, M. I. A. Putera, and M. G. L. Putra, “Perancangan Prototipe UI/UX Website CROWDE Menggunakan Metode Design Thinking,” Teknika, vol. 12, no. 1, pp. 18–26, 2023, doi: 10.34148/teknika.v12i1.549.
[12] Pojiah, “Mengenal Affinity Diagram: Definisi, Kegunaan, dan Cara Membuatnya.” Accessed: Jan. 09, 2024. [Online]. Available: https://idmetafora.com/news/read/2756/Mengenal-Affinity-Diagram-Definisi-Kegunaan-dan-Cara-Membuatnya.html
[13] D. Karlina and D. R. Indah, “Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi E-learning Menggunakan Design Thinking,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 3, pp. 580–596, Dec. 2022, doi: 10.28932/jutisi.v8i3.5412.
[14] B. Agustian, “Redesigning Moca E-Learning User Interface Based On E-Learning Readiness And User Experience Approachment,” 2021.
[15] A. R. Novianto and S. Rani, “Pengembangan Desain UI/UX Aplikasi Learning Management System dengan Pendekatan User Centered Design,” Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, vol. 2, pp. 2807–5935, 2022, [Online]. Available: https://nngroup.com
[16] R. Fachrizal Rochman, K. Candra Brata, and H. Tolle, “Perbaikan Fitur Dashboard Skripsi di FILKOM APPS dengan menggunakan Pendekatan Human Centered Design,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi …, vol. 6, no. 4, pp. 1807–1813, 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[17] H. Amnur, Y. Syanurdi, R. Idmayanti, and A. Erianda, “Developing Online Learning Applications for People with Hearing Impairment,” vol. 5, no. March, pp. 32–38, 2021, [Online]. Available: www.joiv.org/index.php/joiv
[18] M. Y. Jenniffer, “Design of User Interface User Experience of Information and Academic Administration Services Application with the Design Thinking Method for Students of the Faculty of Engineering, Sam Ratulangi University,” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 12, no. 3, 2023.
[19] R. Herdjuno Pawenang Kusumo and B. S. Suranto, “Evaluasi User Experience Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir (SEKAWAN) Informatika Universitas Islam Indonesia Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” 2023. [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/26304/14738.