PENERAPAN MODEL USE QUESTIONNAIRE UNTUK MENGANALISIS USABILITY YANG DIPENGARUHI OLEH USER EXPERIENCE PADA APLIKASI SHOPEE

Isi Artikel Utama

Mila Kartika Sari
Hario Jati Setyadi
Vina Zahrotun Kamila

Abstrak

E-commerce diartikan sebagai kegiatan transaksi jual beli secara online melalui media berupa internet dan perangkat yang terhubung dengan internet. Shopee merupakan salah satu platform marketplace terpopuler yang dipilih oleh masyarakat pada tahun 2022 berdasarkan data iPrice Group. Aspek kegunaan suatu aplikasi perlu diperhatikan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Usability dapat mempengaruhi pengalaman pengguna selama penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh user experience dapat mempengaruhi usability dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna saat menggunakan aplikasi Shopee. Salah satu metode yang digunakan dalam mengalisa usability dan kepuasan pengguna yaitu dengan Use Questionnaire yang memiliki 4 parameter pengukuran yaitu Usefulness (kebergunaan), Ease of Use (kemudahan penggunaan), Ease of Learning (kemudahan mempelajari), dan Satisfaction (kepuasan penggunaan). Pengolahan data dilakukan dengan pengukuran usability dan bantuan software SmartPLS v4.0.8. Responden dalam penelitian ini yaitu pengguna aktif pengguna aplikasi Shopee di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel usefulness, ease of use, dan ease of learning memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna dan yang mempengaruhi user experience pada tingkat usability yaitu variabel memorability, learnability, dan efficiency.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

D. S. Irawati and D. Pibriana, “Perbandingan Kualitas Dua E-Commerce Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Servqual,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 251–264, 2021.
i P. Group, “Perusahaan E-Commerce Mana yang Paling Berpengaruh di Asia Tenggara pada Q1 2022?,” 2022.
A. Muqoddas, A. F. Yogananti, and H. Bastian, “Usability User Interface Desain pada Aplikasi Ecommerce (Studi Komparasi Terhadap Pengalaman Pengguna Shopee, Lazada, dan Tokopedia),” ANDHARUPA J. Desain Komun. Vis. Multimed., vol. 6, no. 1, pp. 73–82, 2020.
A. Kasih and V. I. Delianti, “Analisis Usability Nagari Mobile Banking Menggunakan Metode Usability Testing dengan Use Questionnaire,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 8, no. 1, p. 124, 2020.
A. A. Shobron, “Analisis Usabilitas E-Commerce Dengan Metode Use Questionaire Dan Performance Measurement,” pp. 1–23, 2021.
B. Sumargo, “Simple Random Sampling,” in Teknik Sampling, UNJ PRESS, 2020, p. 28.
W. I. Rahayu and M. R. Shafina, “Aplikasi Analisis Kelayakan Sistem Untuk Pengukuran Usability Dengan Menerapkan Metode Use Questionnaire,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 3, p. 2022, 2022.
A. M. Musyaffi, H. Khairunnisa, and D. K. Respati, “Konsep Dasar Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) Menggunakan Smartpls,” Pascal Books, 2022, p. 186.
M. Y. Syahrir, Danial, Eni Yulinda, Aplikasi Metode SEM-PLS Dalam Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan. PT Penerbit IPB Press, 2020.
D. Nuraini, SKRIPSI Analisis Penerimaan Aplikasi Mobile TIX ID Menggunakan Model UTAUT 2 Extend Anny Mardjo. 2020.
D. Daniel and S. E. Handoyo, “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa,” J. Manajerial Dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 4, p. 944, 2021.