Application of the meCUE 2.0 Method in Measuring User Experience in the "inDriver" Application

Main Article Content

Joosten Joosten
Fandi Halim
Delta Evawani Sihombing
Yuni Lamtumiar Hutahaean

Abstract

 


inDriver adalah teknologi digital yang berkembang dengan pesat dan mampu membantu kehidupan masyarakat. inDriver merupakan sebuah aplikasi ridesharing yang siap berkompetisi di pasar transportasi online Indonesia. Aplikasi inDriver dirilis di Google Play Store, masih ada tanggapan sebagian pengguna yang belum puas terhadap penggunaan aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran user experience dengan menggunakan metode meCUE 2.0 yang memiliki 5 module dengan 9 instrument penilaian yaitu: Module I (perception of instrumental product qualities), Module II (perception of non-instrumental product qualities), Module III (Emotions), Module IV (Consequences), Module V (Overall evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner online dengan alat bantu Google Form berdasarkan meCUE kepada 107 responden dengan instrumentak penilaian yaitu kegunaan (Usefulness) dengan nilai rata-rata 4,06, kegunaan (Usability) dengan nilai rata-rata 5,35, Estetika visual (Visual Aesthetics) nilai rata-rata adalah 3,99, Status (Status) nilai rata-rata adalah 3,23, Commitment (Commitment) nilai rata-rata adalah 3,90, Emosi positif (Positive emotions) nilai rata-rata adalah 4,70, Emosi negative (Negative Emotions) nilai rata-rata adalah 2,95. Niat untuk menggunakan (Intention to use) nilai rata-rata adalah 3,14, Loyalitas produk (Product Loyalty) nilai rata-rata adalah 3,53, Evaluasi keseluruhan (Overall Evaluation) nilai rata-rata adalah 3,6. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobil layanan transportasi inDriver dengan menggunakan metode meCUE penilaiannya menunjukkan hasil yang positif untuk Sembilan instrumen penilaiannya dinyatakan “Cukup Baik”.

Article Details

How to Cite
Joosten, J., Halim, F., Evawani Sihombing, D., & Lamtumiar Hutahaean, Y. (2023). Application of the meCUE 2.0 Method in Measuring User Experience in the "inDriver" Application. JITSI : Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 4(2), 58 - 63. https://doi.org/10.30630/jitsi.4.2.133
Section
Articles

References

[1] J. Joosten, “The Black Box Testing and LOC Method Approach In Testing and Streamlining The Patient Registration Program,” Jurnal Riset Informatika, vol. 3, no. 2, pp. 137–144, Mar. 2021, doi: 10.34288/jri.v3i2.188.
[2] L. Y. Siregar and M. I. P. Nasution, “Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 71–75, 2020, doi: https://doi.org/10.30606/hjimb.
[3] Y. Kurnia and E. Aristriyana, “Pemilihan Moda Transportasi Untuk Meminimalisasikan Biaya Kirim Produk Pada IKM Kerupuk Idaman Di Handapherang Kabupaten Ciamis,” Jurnal Media Teknologi, vol. 9, no. 1, pp. 105–115, 2022, doi: https://doi.org/10.25157/jmt.v9i1.2790.
[4] D. D. R. Nova and N. Widiastuti, “Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum,” COMM-EDU: Community Education Jurnal, vol. 2, no. 2, pp. 113–118, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515.
[5] Sugianto and M. A. Kurniawan, “Tingkat Ketertarikan Masyarakat Terhadap Transportasi Online, Angkutan Pribadi dan Angkutan Umum Berdasarkan Persepsi,” Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik, vol. 1, no. 2, pp. 51–58, 2020, doi: https://doi.org/10.52920/jttl.v1i2.11.
[6] M. Ramadhani, A. A. Susanto, F. Mustofa, and V. S. Tauda, “Design and User Experience Evaluation Of BERSII Android-Based Mobile Application User Interface,” MATICS: Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, vol. 14, no. 2, pp. 41–49, 2022, doi: https://doi.org/10.18860/mat.v14i2.16919.
[7] I. K. Suardiasa, I. P. Satwika, and A. A. I. I. Paramitha, “Usability Testing pada Sistem CBT Exampatra dengan Use Questionnaire (Studi Kasus: SMA N 1 Petang),” Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 10, no. 3, pp. 379–390, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.35889/jutisi.v10i3.706.
[8] S. R. Henim and R. P. Sari, “Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire,” Jurnal Komputer Terapan, vol. 6, no. 1, pp. 69–78, 2020, doi: https://doi.org/10.35143/jkt.v6i1.3582.
[9] M. A. Maricar, D. Pramana, and D. R. Putri, “Evaluasi Penggunaan SLiMS Pada E-library Dengan Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 8, no. 2, pp. 319–328, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202184443.
[10] R. Umar, A. Z. Ifani, F. I. Ammatulloh, and M. Anggriani, “Analisis Sistem Informasi Web LSP UAD Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi, vol. 4, no. 2, pp. 173–178, Oct. 2021, doi: 10.46880/jmika.Vol4No2.pp173-178.
[11] S. Putro, K. Kusrini, and M. P. Kurniawan, “Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul Implementation Methods of UEQ and Cooperative Evaluation to Evaluate User Experience Lapor Bantul,” Citec Journal, vol. 6, no. 1, pp. 27–37, 2019, doi: https://doi.org/10.24076/citec.2019v6i1.242.
[12] A. H. Suasapha, “SKALA LIKERT UNTUK PENELITIAN PARIWISATA; BEBERAPA CATATAN UNTUK MENYUSUNNYA DENGAN BAIK,” JURNAL KEPARIWISATAAN, vol. 19, no. 1, pp. 26–37, Mar. 2020, doi: 10.52352/jpar.v19i1.407.
[13] V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 128–137, Dec. 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.